Jumat, 25 Januari 2008

ANGGARAN RUMAH TANGGA

INSTITUTE FOR STRATEGIC AND DEVELOPMENT STUDIES
(ISDS)

B. Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan ISDS ini ialah :
  1. Membangun wadah berhimpun para pemerhati dan peminat masalah-masalah pembangunan kajian startegis. Mengembangkan kemajuan pengetahuan dengan menyediakan forum bagi intelektual exercise.
  2. Membantu mempercepat proses pelembagaaan demokrasi politik dan reformasi ekonomi.
  3. Menghasilkan wacana kritis terhadap persolan-persoalan ekonomi, politik, penegakkan Hukum dan Hak Azasi Manusia di masyarakat. Dalam skala luas bisa memperkaya alternatif pengambilan keputusan di tingkat suprstruktur (publik policy) dan organisasi sosial-politik.
  4. Membantu meningkatkan kualitas media yang bebas sekaligus professional.
  5. Memperjuangkan penegakan etika publik untuk mendorong lahirnya pemerintah yang baik (good government), menentang korupsi dan memperjuangkan tatapemerintahan yang akuntabel.
B. Usaha-Usaha

Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut, ISDS menjalankan usaha-usaha :
Kajian ilmiah dan informasi Publik

Kajian ilmiah merupakan salah satu andalan program ISDS. Studi yang dilakukan bisa persoalan yang isu mutakhir, ataupun materi yang bersifat agenda strategis. Bentuk kajian ilmiahnya meliputi seminar, diskusi, dialog dan lokakarya atau workshop. Dalam pengembangan wacana publik direalisasikan dalam fotmat siaran talk show, debat dan dialog publik di televisi dan media elektronik lainnya.

Penelitian dan Penerbitan
Untuk mempertajam studi empiriknya, ISDS melakukan program penelitian masalah strategi dan pembangunan baik yang berdimensi Ekonomi, Politik, Hukum, Pertahanan Keamanan, Pendidikan dan budaya. Mencakup bidang itu adalah pembuatan polling atau jajak pendapat mengenai tokoh atau isu-isu yang berkembang di masyarkat .

Di antara kajian mendalamnya (deepth analysis) akan diwujudkan berupa penerbitan buku dan jurnal ilmu pengetahuan. Penerbitan biografi tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam masyarakat termasuk bagian program itu. Pemikiran dan analisis yang disajikan melalui jurnal yang diterbitkan ISDS diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam mensistematikan persoalan kontemporer dan sekaligus dijadikan referensi bagi pengambil keputusan di Indonesia disamping menjadi literatur kalangan intelektual dan pengajar universitas.

Pelatihan & Pendidikan
Dalam upaya mentransformasikan nilai-nilai ilmu pengetahuan dan resolusi konflik ISDS menyelenggarakan rangkaian pendidikan pelatihan, civic education, voters education, investigasi jurnalistik, peningkatan skill ekonomi dan jenis-jenis pelatihan lain yang mendorong pemberdayaan masyarakat. Bila dipandang perlu untuk keberhasilan transformasi itu, ISDS bersedia bekerjasama dengan pihak lain dalam pembuatan pesan demokrasi dan resolusi konflik melalui medium entertaiment.

Advokasi
Sebagai langkah kongkrit dalam pemberdayaan masyarkat ISDS akan melakukan serangkaian advokasi pada masyarakat. Kegiatan advokasi ini akan dilakukan dengan jalan membuat petisi, resolusi dan pernyataan bersama dengan kekuatan NGO pro demokrasi yang lain untuk mempengaruhi kebijakan publik yang menguntungkan masyarakat. Advokasi ini mencakup aksi lobbying terhadap pejabat pemerintah, pejabat parpol, serta anggota DPR; kampanye demokrasi dan transparansi di media. Sebagai bagian dari gerakan advokasi ini, ISDS menyediakan layanan konsultasi.

Peningkatan Kualitas Media
Untuk meningkatkan kualitas informasi di masyarakat, ISDS menyelenggarakan rangkaian peningkatan profesionalisme media melalui training, dan pembuatan content analysis media yang diterbitkan melalui bulletin. Serta langkah-langkah lain yang diperlukan bagi peningkatan kualitas informasi di masyarakat termasuk Pembuatan situs Internet.

Tidak ada komentar: